Beranda > Pintu Tobat > Aroma Dosa

Aroma Dosa

Penulis: Fahmi Abubakar Jawwas

Berkata Muhammad bin Waasi’ Rahimahullah” kalau seandainya dosa itu memiliki aroma,niscaya tdk akan ada seorang pun yg mampu duduk bersamaku. (Ighaatsatu Al-Lahafaan Libnil Qayyiim jld 1/85 cetakan Darul Ma’rifah -Beirut )

Muhammad bin Waasi’ bin Jaabir bin Al-Akhnas,Abu Bakar dan dikatan juga Abu Abdillah Al-Azdii Al-Bashri,salah satu Imam dan ahli ibadah Rahimahullah berkata Ahmad Al-‘Ijlii:”Tsiqatun,‘Aabidun,Shaalehun berkata Ad-Daaru Quthni :”dia Tsiqah t…etapi diberikan cobaan dengan meriwayatkan dari orang-orang yg dha’if berkata Ja’far bin Sulaiman Rahimahullah:”senantiasa kita masih di dalam kebaikan semasih ada para Syaikh-Syaikh kita,Maalik bin Diinar,Tsaabit Al-Bunaani dan Muhammad bin Waasi’ (Siyaar A’laam An-Nubalaa hal 6/121)

Berkata Ja’far bin Sulaiman Rahimahullah:”jika aku mendapatkan dari hatiku kekerasan hati,maka aku pergi pagi-pagi dan aku melihat wajahnya Muhammad bin Waasi’ sepertinya dia orang yg kehilangan anaknya (Tarekh Al-Islam Lil Imam Adz-Dzahabi hal 8/259)

Berkata Abdurahman bin Mahdi dari Hammad bin Zaid Rahimahullah aku tidak melihat Muhammad bin Waasi’ kecuali dia dalam keadaan seperti orang yg menangis dan beliau bermajlis bersama orang-orang miskin dan orang-oang yg sering menangis (At-Tawaadhu’ Wal Khumuul hal 149) berkata Abdul Aziiz bin Abi Rawwad Rahimahullah:”aku melihat di tangan Muhammad bin Waasi’luka bernanah,sepertinya dia tahu apa yg membuat aku berat darinya,maka dia berkata apakah kamu mengetahui apa yg telah Allah berikan kepadaku dari suatu keni’matan?maka dia telah membuatku diam,beliau berkata:”sebab Allah menjadikannya di kedua buah biji mataku dan juga tidak diujung lidahku maka luka nanahnya telah menghinakanku (Syukur hal 149 dan Hulyah hal 2/352)

Berkata Ja’far Al-Kharraaz Rahimahullah:”aku mendengar Muhammad bin Waasi’ berkata kepada Maalik bin Diinar Rahimahumullah wahai Aba Yahya menjaga lisan itu lebih sulit bagi manusia dai pada menjaga dinar-dinar dan dirham (Ash-Ashumt hal 69)

Muhammad bin Waasi’ Rahimahullah berkata:”aku tidak pernah menolak kebutuhan seseorang jika aku mampu untuk memenuhinya,walaupun dengannya akan hilang hartaku (Qadha’il Hawaa’ij hal 67 Al-Jawaahir Al-Majmuu’ah hal 390)

Sungguh benar apa yg dikatakannya Rahimahullah suatu ketika beliau Rahimahullah bejalan ingin menjual kambingnya dan datanglah seorang laki-laki apakah kamu ridlo jika ini menjadi milikku,maka beliau Rahimahullah berkata:”jika kamu ridlo aku tidak akan menjualnya Beliau adalah salah satu prajurit pilihan yg dipilih Mahlab untuk memerangi khawarij Suatu ketika yazid bin Mahlab Rahimahullah mendapatkan mahkota yg di dalamnya terdapat permata dipeperangan Jirjaan,maka dia berkata:”apakah kalian berfikir ada seseorang yg tidak menginginkan ini?mereka berkata:”tidak ,maka beliau menyeru Muhammad bin Waasi’ Al-Azdi Rahimahullah,kemudian beliau berkata:”ambil lah mahkota ini,Muhammad bin Waasi’ berkata aku tidak butuk butuh kepadanya.beliau berkata:”aku bersikeras kepadamu,maka Muhammad mengambilnya,maka yazid memeintahkan salah seorang untuk melihat apa yg dia perbuat, beliau bertemu dengan pengemis maka diberikanlah kepadanya,maka seroang laki-laki tadi membawa pengemis dan didatangkan keyazid dan di kabarkanlah,dan Yazid mengambil mahkota tadi dan menggantikannya kepada pengemis itu harta yg banyak (Al-Kaamil Fit Taarekh 2/361)

Berkata Ja’far bin Sulaiman Rahimahullah:”berkata Muhammad bin Waasi’ Rahimahullah:”sungguh aku benar-benar menginginkan untuk menjadi seseorang laki-laki yg dia memegang keras agamanya,dan dia tidak mempunyai sesuatu dari dunia,dan dia ridlo dgn keadaan itu(Siyaar A’laam An-Nubalaa hal 6/121) Berkata Hammad bin Zaid Rahimahullah:”berkata seseorang kepada Muhammad bin Waasi’ nasehatilah aku,aku nasehati kamu untuk memiliki dunia dan akhirat,bagaimana caranya ?beliau menjawab:”zuhudlah kamu terhadap dunia ((Siyaar A’laam An-Nubalaa hal 6/120)

Keterangan: Tulisan ini saya sadur dari status di Facebook dari Ustadz Fahmi Abu Bakar Jawwas

Sumber URL: http://www.facebook.com/abubakar.fahmi#!/abubakar.fahmi?v=wall

Kategori:Pintu Tobat
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

