Beranda > Pintu Tobat > Wanita Pelacur Diberi Ampunan Karena Perbuatan Baik.

Wanita Pelacur Diberi Ampunan Karena Perbuatan Baik.

Pernah dengar hadits seorang pelacur yang memberikan minum seekor anjing dan dia masuk surga? Redaksi haditsnya sesungguhnya tidak demikian, karena dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim tercantum غَفَرَ لَهَا (Wanita pelacur itu diberi ampunan karena perbuatan baiknya tersebut). Jadi tidak ada redaksi masuk surga untuk wanita pelacur tersebut yang selama ini banyak dipahami, redaksi masuk surga hanya ada pada laki-laki pada hadits yang diriwayatkan oleh Muttafaq ‘alaih (Imam Ahmad, Buchori, Muslim, Nasa’i, Turmudzi, Abu Daud, Ibn Majah.)

Berikut referensinya: Hadits No.126 Bab 13: Penjelasan Tentang Banyaknya Jalan Menuju Kebaikan, Kitab Syarah Riyadhush Shalihin oleh Syaikh Salim bin ‘Ied al-Hilali.

Hadits No.126

Juga dari Abu Hurairah رحيم ا لله, bahwa Rasulullah صلي ا لله عليه وسلم bersabda: “Ketika seseorang sedang melakukan suatu perjalanan, ia merasa sangat haus. Kemudian dia menemukan sebuah sumur, maka diapun menuruninya dan kemudian minum. Setelah itu dia keluar. Tiba-tiba ada anjing yang menjilat-jilat tanah karena kehausan. Maka orang itu berkata: “ Anjing ini benar-benar kehausan seperti yang kurasakan tadi.” Lalu ia menuruni sumur itu kembali dan memenuhi sepatunya dengan air, kemudian dia menggigit sepatunya dengan mulutnya sehingga dia naik dan memberikan minum kepada anjing tersebut. Maka Allah memuji perbuatannya itu dan memberikan ampunan kepadanya.” Para Sahabat bertanya: “Ya Rasulullah, apakah kalau kita menolong binatang itu akan mendapatkan pahala?’ Beliau menjawab: “Menolong setiap makhluk yang mempunyai limpa (makhluk yang hidup) itu mendatangkan pahala.” (Muttafaq ‘alaih)

Dalam riwayat al-Bukhari disebutkan: “Maka Allah memujinya dan memberikan ampunan kepadanya, kemudian memasukannya ke Surga. Sedangkan dalam sebuah riwayat dari al-Bhukari dan Muslim disebutkan: “Ketika ada seekor anjing yang hampir saja mati karena kehausan berputar-putar mengitari sumur, tiba-tiba ada seorang pelacur dari Bani Israil yang melihat anjing tersebut, lalu dia melepas sepatunya dan mengambilkan air untuk anjing itu, kemudian ia memberinya minum sehingga ia diampuni karena perbuatannya itu.

Pengesahan hadits:

Diriwayatkan oleh al-Bukhari (V/40-41-Fat-h) dan Muslim (2244)
Riwayat kedua diriwayatkan oleh al-Bukhari (I/278-Fat-h).
Riwayat ketiga diriwayatkan oleh al-Bukhari (VI/511-Fat-h)

Kandungan Hadits:

* Perintah untuk berlaku baik terhadap binatang, yaitu binatang yang kita tidak diperintahkan    untuk membunuhnya.
* Keutamaan memberi minum.
* Keluasan rahmat Allah جل وعل sampai kepada binatang sekalipun. Sebab, mereka termasuk salah satu makhluk-Nya.
*Keluasan karunia Allah yang maha suci, di mana Dia memberikan ampunan terhadap dosa besar dengan sedikit perbuatan baik.
* Tidak selayaknya meremehkan perbuatan baik sekalipun sedikit. Sebab, bisa jadi perbuatan baik itu akan menjadi sebab diampuni dosa.
* Tidak ada sedikitpun kondisi makhluk di dunia ini yang tersembunyi dari Allah yang Mahasuci lagi Mahatinggi, dan Dia akan memberikan balasan atas amalan-amalan mereka.
* Keutamaan iklash karena Allah. Dan apa yang dilakukan oleh laki-laki dan wanita dalam hadits tersebut sama sekali tidak dicampuri oleh riya’. Sebab, mereka melakukan hal itu tanpa diketahui oleh siapapun kecuali Allah semata.
* Tersebarnya perzinaan di kalangan Bani Israil. Mudah-mudahan Allah melindungi kita semua dari perbuatan keji dan jalan yang buruk.

Sumber: Kitab Syarah Riyadhush Shalihin, jilid 1, oleh Syaikh Salim bin ‘Ied al-Hilali, percetakan Pustaka Imam Asy-Syafi’i, cetakan keempat, Maret 2008.

Sumber Website: http://abutaufiq.multiply.com/journal/item/36

Kategori:Pintu Tobat
  1. 21 Agustus 2013 pukul 12:44 PM

    Aw, this was an extremely good post. Taking a few minutes and actual effort
    to make a superb article… but what can I say… I put things off a whole lot and never seem to
    get anything done. Mitsubishi Starmex air conditioner review *chelseykdo.edublogs.org*

  2. 4 Juni 2016 pukul 6:58 PM

    はじめまして。
    ldlコレステロールが増殖すると物凄く危険だと言われているのは常識です。私は会社の病院で悪玉コレステロールや中性脂肪のスコアが年々上がっていました。そんな時に見つけたのがきなりでした。物凄く様々なサプリメントをチェックした結果、最終的にきなりに辿り着いたという事です。健康な日常生活を今後も続けたいと思っている人は是非ご覧下さい。

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: